Jumat, 16 Juli 2010

WinRAR – Pecah File Menjadi Beberapa Bagian






Memilah WinRAR memiliki feature untuk membagi file ke dalam beberapa bagian kecil untuk mempermudah sharing.

Sering melihat file-file sharing yang terbagi ke dalam beberapa bagian? Tips berikut ini akan menjelaskan cara membagi file ke dalam beberapa bagian untuk mempermudah proses sharing.

Tips Simak contoh kasus berikut ini, Anda ingin membagi file video kepada salah seorang rekan Anda lewat Internet. Sayangnya, file video tersebut memiliki kapasitas lumayan besar. Salah satu cara yang dapat ditem­puh­ adalah membagi file tersebut ke dalam beberapa bagian kecil. Anda dapat menggunakan salah satu feature di WinRAR.

WinRAR, salah satu tools kompresi file terkemuka, memiliki feature untuk membagi file besar ke dalam beberapa file kecil. Pilih file/folder yang akan Anda bagi, lalu klik kanan untuk membuka konteks menu. Pilih menu “Add files to archive”. Dari sini Anda akan dibawa ke sebuah dialog window dari WinRAR bernama “Archive name and parameters”. Untuk mulai membagi file ke dalam beberapa bagian, pilih menu “Split to volumes, bytes”.

Pada menu ini, Anda dapat menulis sendiri berapa besar bagian file tersebut. Bila Anda bingung menentukan besaran file, WinRAR menyediakan besaran de­fault­, misalnya Floppy Disk (agar bagian-bagian file bisa dicopy ke floppy), CD-ROM, bahkan DVD-ROM. Anda bahkan dapat memilih “Auto-Detect”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar