Selasa, 08 Desember 2009

Intel Batalkan Proyek Larrabee

Bagi Anda yang sudah menunggu-nunggu kehadiran Larrabee, nama kode kartu grafis buatan Intel, sepertinya Anda harus mulai melupakan impian untuk mencobanya karena Intel baru-baru ini mengumumkan kalau mereka membatalkan proyek tersebut! Apa alasan di balik keputusan Intel untuk membatalkan proyek tersebut?

Keputusan tersebut diambil setelah Intel merasa yakin kalau proyek tersebut belum mencapai harapan mereka. Intel tidak menyebutkan di bagian mana mereka mencapai kegagalan atau ada hal yang terlewat di bagian mana. Selain itu, Intel juga yakin kalau proyek Larrabee tidak akan mampu untuk mengejar kecanggihan kartu grafis hasil pengembangan Nvidia.

Larrabee memang dikenal sebagai jawaban Intel atas “Tesla” dan “Fermi” buatan Nvidia, serta “Fusion” buatan AMD. Tetapi para ahli dan pengamat dunia TI lebih setuju kalau Larrabee sebenarnya memang ditujukkan Intel untuk berhadapan langsung dengan Nvidia.

Pada awalnya, Intel menyatakan kalau Larrabee akan diluncurkan pada kuarter pertama tahun 2010. Sedangkan, proyek AMD, “Fusion”, baru akan diluncurkan pada tahun 2011.

Bagaimana dengan hasil yang telah didapatkan selama Larrabee selama ini? Intel tidak serta merta langsung membuang semua hasil yang selama ini telah mereka dapatkan. Intel berencana untuk menggunakan produk Larrabee pertama mereka sebagai platform pengembangan software untuk grafis dan juga high performance computing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar